Borong Susu Kedelai Pak Eko Sampai Habis

Jakarta- Siapa yang tidak mengenal istilah “Memborong Dagangan” hampir semua masyarakat dari berbagai suku di Indonesia familiar dengan istilah itu. Dalam rangka mengatasi dampak krisis dari pandemi Covid-19, Insani meluncurkan program Gerobak Berkah (GeBer) pada hari Jum’at, (05/11) pukul 13.00 wib. Insani menerjunkan relawan untuk melakukan aksi sosial dengan memborong habis dagangan susu kedelai dari salah satu pedagang kaki lima yang berada di Jl. Paso, Ragunan, Jakarta Selatan. Uniknya susu kedelai yang diborong hingga habis itu dibagikan secara gratis kepada warga yang melintas di jalan tersebut. Supir angkot, driver ojol, tukang sampah, pedagang kerupuk, pengepul kardus turut merasakan segarnya susu kedelai buatan pak eko. 

Relawan Insani sedang memborong dagangan susu kedelai milik pak eko dan dibagikan secara gratis ke masyarakat yang melintas di jalan. doc. Tech/Insani.id

Program GeBer ini diluncurkan dalam rangka membantu pelaku usaha kaki lima yang sejak awal pandemi hingga sekarang masih merasakan sulitnya ekonomi akibat dagangan mereka yang sepi pembeli. Hal ini juga diungkapkan Pak Eko saat di wawancarai oleh relawan Insani. 

“Sebelum pandemi dulu mah enak jualan, habis nya cepet, pulang k erumah gak sampai maghrib, sekarang 20 bungkus aja udah syukur, mas itupun nunggu sampe maghrib dulu baru bisa pulang ke Cinere” Ungkap Pak Eko. 

Pak eko pedagang kaki lima di jl. Paso ragunan, sedang kelabakan memenuhi plastik-plastik dengan susu kedelai karena diborong Insani. doc/tech/Insani.id

Pak Eko pria 39 tahun ini merantau dari Kab. Ngawi ke Ibu Kota Jakarta untuk mengadu nasib. Demi menghidupi istri dan 2 orang anaknya, Pak Eko setiap hari berjualan keliling di Ragunan, Jakarta Selatan. Sebelum pandemi melanda, rata-rata penjualan susu kedelai Pak Eko mencapai 50 bungkus susu dengan harga persatuannya 5.000 rupiah,  Pak Eko bisa membawa pulang setiap harinya sekitar 250-300 ribu rupiah, namun selama pandemi pak eko hanya bisa membawa pulang tidak lebih dari 150 ribu rupiah per hari. 

Ketika dagangan susu kedelai diborong habis oleh relawan Insani, raut wajah pak eko begitu gembira, hampir tidak percaya dagangannya hari itu bisa habis tak tersisa, Pak Eko terharu dengan aksi sosial yang dilakukan team relawan Insani, suasana haru itu bertambah ketika menyaksikan secara langsung susu kedelai olahannya dibagikan secara gratis kepada orang-orang yang melintas.  

Pak eko sangat berterimakasih kepada tim Insani dan tidak lupa mendoakan Insani serta sahabat inisiator kebaikan yang selama ini berada di balik aksi-aksi sosial dan kemanusiaan Insani. Pak eko merasa sangat terbantu sekali dengan adanya program GeBer ini, ia berharap program ini dapat terus ada dan semakin banyak orang yang ikut berbagi.

Scroll to Top
Scroll to Top