Bersama Bantu Krisis Kemanusiaan di Yaman

Pilih Nominal Donasi

  • Rp 63.000 Tercapai
    dari Rp 500.000.000
  • 5 Donatur
 
KISAH

Gizi Buruk Melanda, Bantu Muslim Yaman Bertahan Hidup!

YANG BANYAK TIDAK ORANG KETAHUI BAHWA:

Menurut data PBB, krisis kemanusiaan di Yaman saat ini adalah yang terparah di dunia. UNICEF mengatakan bahwa jumlah anak kurang gizi di Yaman sebanyak 2,25 juta jiwa, 400.000 diantaranya tergolong akut.

(Foto: Seorang anak di Yaman yang menderita gizi buruk menerima perawatan di salah satu rumah sakit di kota Hodeidah, Yaman.)

Faid Samim adalah satu dari jutaan anak di Yaman yang menderita gizi buruk.

Faid dan ibunya selamat selamat tiba di rumah sakit di Ibu Kota Yaman, Sanaa. Kisah perjalanannya ke rumah sakit adalah sebuah keajaiban mengingat ancaman bahaya perang yang harus mereka hadapi selama perjalanan.

(Foto: Faid Samim, seorang anak berusia 7 tahun dari Yaman terbaring lemah di atas tempat tidur rumah sakit dalam kondisi lumpuh dan gizi buruk akut.)

“Dia nyaris tidak tertolong saat tiba di rumah sakit, tetapi syukurlah kami dapat melakukan apa yang diperlukan dan dia mulai membaik. Dia menderita CP (cerebral palsy) dan gizi buruk parah,” ujar Rageh Mohammed, dokter pengawas bagian gizi buruk di rumah sakit Al-Sabeen.

Faid menderita cerebral palsy, yakni sebuah kelumpuhan dan gizi buruk akut. Berat badannya hanya 7 kilogram dengan tubuh yang sangat kurus dan rapuh. Dia hanya membutuhkan seperempat selimut rumah sakit untuk membungkus tubuhnya, saking kurusnya.

Mohammed mengatakan kasus gizi buruk di Yaman semakin meningkat. Orang tua yang miskin terpaksa bergantung pada bantuan orang asing atau bantuan internasional agar anak-anak mereka bisa mendapat perawatan.

Sejak 2015 hingga kini, Yaman berada dalam krisis yang memprihatinkan. Lembaga kemanusiaan OCHA milik PBB pada awal 2023 Sebanyak 21,6 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan, karena 80 persen populasi negara tersebut kesulitan mengakses makanan, air minum yang aman konsumsi, dan layanan kesehatan yang memadai. Beberapa darurat telah melanda negara tersebut: konflik kekerasan, blokade ekonomi, kegagalan mata uang, bencana alam, dan pandemi COVID-19..

Krisis di Yaman meluas hampir ke seluruh sektor kehidupan. Mulai dari KESEHATAN, PENDIDIKAN, HAK ASASI, KEAMANAN, bahkan MATA PENCAHARIAN.

Untuk sabahat yang ingin berpartisipasi silahkan berdonasi dengan cara:

1. Pilih Nominal Donasi

2. Atau masukkan Nominal Lain

3. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

4. Isi data diri DONATUR

5. Pilih metode pembayaran SHOPEE-PAY, OVO, DANA, LINK Aja, QRIS(Gopay) atau transfer Bank (transfer bank BSI, BNI, BRI, Mandiri, Permata, Kartu Debit atau Kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu. Jika ada pertanyaan mengenai penggalangan dana ini, teman-teman bisa menghubungi kami di 0813-1945-6675

Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya, semoga Tuhan membalas semua kebaikan sahabat #InisiatorKebaikan.

DONATUR

Catatan : Data donatur yang tertera adalah mereka yang berdonasi menggunakan akun yang dibuat di website ini. Silahkan klik untuk Daftar/Masuk

PENYALURAN
Bagikan Galang Dana Ini :
Scroll to Top